Belajar Optimasi Artikel Blog Lengkap Bagi Pemula Supaya Bisa Nomor 1 Di Google

Hallo sobat BlogCepot semuanya ......
Kali ini saya akan membahas mengenai Belajar Optimasi, namun pembelajaran optimasi kali ini akan saya fokuskan pada Artikel atau yang dikenal dengan SEO Onpage.
Apa tujuannya dari SEO Onpage ?? Tujuannya adalah supaya artikel yang kita publish bisa berada di nomor 1 google atau SERP (Search Engine Result Page). Untuk apa artikel yang kita publish bisa nangkring di nomor 1 ?? Ya pastinya supaya blog kita banyak pengunjungnya.

Belajar Optimasi Artikel Ala BlogCepot

Cara SEO Onpage saya dapatkan dari video yang dibuat oleh Eka Lesmana yang pastinya bakalan ampuh dong. Kalau ada yang belum tahu siapa itu Eka Lesmana, dia adalah Blogger Sukses asal Indonesia yang kesuksesannya bakalan nurun ke saya :D Amin.
Okeh deh mari kita mulai Belajar Optimasi Artikelnya :

1. Search Keyword

Untuk membuat sebuah judul artikel biasanya kita menebak atau asal-asalan saja, namun hal itu ternyata sangat salah sekali, karena dalam judul/title artikel yang akan kita publish mengandung kata kunci tertentu nah jika kata kunci yang kita masukan pada judul artikel tidak ada/sedikit pencarinya maka kemungkinan artikel yang sudah kita publish sedikit pembacanya bahkan tidak akan ada yang baca karena tidak ada dipencarian.
Baca Juga : Cara Riset Keyword Di Google Adwords

2. Penulisan Artikel

Menurut Eka Lesmana sebuah artikel itu bagusnya memiliki 5 paragraf atau lebih dengan ketentuan sebagai berikut :

Misalnya kita akan buat sebuah artikel mengenai Harga Smartphone

Paragraf 1 :
Contohnya bahas mengenai Desai dan Fitur Unggulan

Kasih Gambar

Paragraf 2 :
Contohnya bahas mengenai Fitur Dasar

Paragraf 3 :
Contohnya bahas mengenai Keunggulan dan Kekurangan

Paragraf 4 :
Contohnya bahas mengenai Spesifikasi dan Harga

Paragraf 5 :
Kata Penutupan

Gunakan Heading Pada Artikel

Misalnya pada Spesifikasi, perlu anda ketahui bahwa penggunaan Heading atau H2 ini sangat penting sekali pada tulisan artikel, namun untuk H3 atau Subheading anda boleh memakainya ataupun tidak itu tergantung selera anda.

Kasih Internal Link

Tak kalah dengan Heading, Internal link juga dibutuhkan pada sebuah artikel karena dengan adanya Internal link maka akan membuat blog kita semakin ramai pengunjung. Contohnya anda bisa memakai internal link di Paragraf ke 3 "Mau tahu harga HP Samsung J5 silahkan klik disini".
Untuk pemakaian internal link diusahakan jangan melebihi 5 karena jika lebih dari 5 nanti akan disangka link spam.

3. Peletakan Keyword

Untuk meletakkan sebuah Keyword anda juga jangan melakukannya secara sembarang, anda harus tahu ketentuan-ketentuan peletakan keyword sebagai berikut:

Misalnya anda membuat Artikel dengan 5 Paragraf

Paragraf 1 : Letakan Keyword Utama di kalimat pertama

Paragraf 2-4 : Pada paragraf ini anda boleh dengan bebas meletekakan keyword (awal, tengah, akhir)

Paragraf 5 : Letakan Keyword Utama di akhir kalimat

Keterangan :
  • Untuk keyword diusahakan penulisannya harus menggunakan style Bold atau Italic.
  • Internal link juga harus menggunakan style Bold atau Italic. 

4. Gambar 

Jika pada artikel anda menyisipkan gambar maka gambar tersebut harus anda beri nama pada title text dan alt text biasanya saya memberi nama title dan alt text itu dengan kata keyword utama atau juga judul artikel.

Tambahan
Jangan lupa tuliskan deskripsi penelusuran pada artikel yang akan anda buat, letak Deskripsi penelusuran ada disamping kiri tempat penulisan artikel.

Baca juga : 3 Widget Keren Yang Wajib Ada Di Blog Kamu Beserta Scriptnya

Mudah-mudahan artikel yang saya buat ini bermanfaat untuk anda semuanya, jangan lupa share ya karena dengan mengklik share maka anda telah berbagi ilmu kepada orang lain. Sekian sedikit ilmu tentang Belajar Optimasi pada artikel yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan kalian bisa menjadi Blogger yang hebat dengan adanya artikel ini :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »